FAKTOR-FAKTOR DETERMINAN KINERJA PERAWAT DI RSUD dr. R. SUDJADI PURWODADI

Aspek  kepuasan  kerja  perawat  penting  perhatikan  karena  mempunyai dampak  terhadapperilaku dalam  memberikan pelayanan. Mengingat  .kecenderungan   saat ini masyarakat   menuntut  pelayanan dengan.konsep   quality one step services,  artinya kebutuhan  masyarakat  akan, pelayanan  dapat dilayani rumah  sakit  secara  cepat,  akurat  dan bermutu  dengan  biaya yang  dapat  dijangkau.  Untuk  memenuhi tuntutan  tersebut  tidak  ada upaya  lain kecuali  terlebih  dahulu  meningkatkan   kepuasan   kerja pemberi pelayanan.   Jenis penelitian  ini adalah kuantitatif  non eksperimental   dan rancangan  yang  dipakai  ialah korelasional   dengan  teknik pengambilan   data secara cross sectional.  Hasil penelitian  memperlihatkan perawat  yang menyatakan   puas akan.kebutuhan   fisiologis,  rasa  aman,  sosial, harga  diri dan alctulisasi secara  berturut-turut   43%,  57%, 67%, 60%,  dan 60%.   Sedangkan  perawat  yang  dikategorikan   baik dalam  melakukan   pengkajian,   membuat   diagnosa  keperawatan,   membuat  perencanaan,   melakukan implementasi   dan melakukan, evaluasi  keperawatan  secara berturut-turut   62,4%,  65,6%,  60,2%,  53,8 dan 48,4%.   Kepuasan   kerja  secara  total sebanyak  49,5%   dan kinerja  secara  total  sebanyak  60,2%. Analisis menunjukkan   ada hubungan   yang  signifikan  antara  lama  kerja’,  kepuasan   akan kebutuhan sosial’, harga diri’, aktualisasi” dan.kepuasan totals  dengan  kinerja _perawat.

Leave a Comment