Pengaruh loving tauch baby massage terhadap pola tidur batita

Rusiana Sri Haryanti

Sari

Masa emas pertumbuhan dan perkembangan terjadi pada masa batita.  Salah satu faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang anak adalah saat tidur dan istirahat, karena pada saat anak tidur pertumbuhan otaknya mencapai pertumbuhan yang optimal. Tidur merupakan prioritas utama bagi bayi, karena pada saat inilah terjadi repair neuro brain dan kurang lebih 75% hormon pertumbuhan diproduksi. Tercapainya pertumbuhan dan perkembangan anak yang optimal merupakan hasil interaksi berbagai faktor yang saling berkaitan, yantiu faktor genetik, lingkungan, perilaku, rangsangan atau stimulasi yang bermanfaat. Salah satu stimulasi berupa taktil adalah pemijatan pada anak (baby massage). Pijat juga dapat bermanfaat untuk memenuh waktu tidur dan perkembangan bayi. Bayi yang dipijat akan dapat tidur dengan lelap, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh loving touch baby massage terhadap pola tidur batita. Metode penelitian ini adalah cross sectional. Penelitian dilakukan di baby smile karanganyar, jumlah sampel 50 batita dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan koesioner tentang massage dan pola tidur. Analisis data menggunakan Wilcoxon dan Mc Nemar didapatkan hasil nilai p= 0,000. Hasil penelitian didapatkan bahwa batita setelah dilakukan massage mengalami perubahan pola tidur yang lebih baik dari pada sebelum dilakukan massage. Kesimpulan penelitian ini ada pengaruh loving touch baby massage terhadap pola tidur batita.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Minarti. 2012. Pengaruh Pijat Bayi Terhadap Kualitas Tidur Bayi USIA 3-6 Bulan Di Wilayah Kerja Puskesmas II Denpasar Timur. Jurnal. Alamat unduhan http://ojs.unud.ac.id/index.php/coping/article/download/6466/4981 . Diakses pada tanggal 25 Juli 2019

Perry, A.G.,& Potter, P. A 2009. Buku Ajar Fundamental Keperawatan. Edisi 4 Volume 1 dan 2. Jakarta: EGC.

Roesli. 2009. Pedoman Pijat Bayi Edisi Revisi. Jakarta: PT Trubus Agriwidia

Roesli. 2013. Pedoman Pijat Bayi. Edisi Revisi. Jakarta. Trubus Agriwidya.

Setiawan. 2015. Pemberian Terapi Pijat Bayi Terhadap Kualitas Tidur Bayi Pada Asuhan Keperawatan An.N Dengan Infeksi Saluran Pernafasan Akut Di Ruang Melati RSUD Karanganyar. [Thesis]. Surakarta: STIKES Kusuma Husada.

Syaukani. Petunjuk Praktis Pijat Senam dan Yoga Sehat Untuk Bayi. Araska: Yogyakarta; 2015

Article Metrics

Sari view : 7 times
PDF - 8 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.