KESEHATAN OTAK MODAL DASAR HASILKAN SDM HANDAL

Ida Untari

Sari

Manusia diciptakan oleh Allah SWT tidak hanya sebagai makhluk penghuni bumi ini akan tetapi diciptakan oleh Allah SWT dengan mengemban tugas yang sangat penting. Selain diciptakan hanya untuk beribadah kepada Allah, manusia juga mendapat mendapat tugas menjadi Khalifah di bumi.

Oleh karena itu manusia berbeda dengan makhluk yang lain dalam hal penciptaannya. Manusia adalah makhluk yang paling sempurna, yang diciptakan dengan memiliki akal dan nafsu. Sehingga Allah SWT menunjuk manusia sebagai khalifah di muka bumi ini.

Tidak hanya sekedar dipilih saja oleh Allah sebagai khalifah di bumi ini akan tetapi tentu saja Allah memberikan berbagai macam yang ada di alam semesta ini sebagai penunjang tugas yang diemban oleh manusia.

Kelebihan manusia terletak pada jasmani dan rohani. Perbedaan terbesarnya adalah pada akal pikiran manusia. Dengan akal pikiran itu manusia dapat membedakan yang baik dan buruk, halal dan haram. Dengan akal pikiran itu juga manusia dapat berbicara berbagai macam bahasa, mempelajari ilmu, serta bisa melaksanakan kewajiban menyembah kepada Allah, menjalin hubungan kemasyarakatan dan yang terpenting adalah manusia harus dapat bersyukur kepada Allah atas segala nikmat yang di berikan-Nya.

Dengan akal pula, manusia dapat berbuat menguasai bumi, dapat mengenal makhluk lain selain dirinya. Dan dengan akal yang sehat, manusia dapat membedakan kegiatan yang bermanfaat untuk dirinya dan lingkungannya. Itulah manusia sebagai Sumber Daya Manusia yang handal.

Kata Kunci : Kesehatan Otak, Sumber Daya Manusia

Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Sari view : 260 times
PDF - 1311 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.