GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG PERAWATAN DEMAM PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN DI DESA BAKALAN BANJARSARI SURAKARTA

Sugihartiningsih .

Sari

ABSTRAK

 

Latar belakang. Demam biasanya terjadi akibat tubuh terpapar infeksi mikroorganisme (virus, bakteri, parasit). Demam juga bisa disebabkan oleh faktor non   infeksi   seperti   kompleks   imun,   atau   inflamasi   (peradangan)   lainnya. Penanganan  demam  dengan  dua  jalan  yaitu  dengan  cara  fisik  dan  juga  obat- obatan. Hasil pengamatan pendahuluan di Desa Bakalan Kadipiro Banjarsari Surakarta dengan jalan wawancara ada 5 orang ibu yang mempunyai anak usia 4-6 tahun yang pernah demam ditemukan 5 ibu tersebut dalam merawat anakn yang sedang demam pertama adalah mengompres anaknya yang sedang demam dengan kompres  dingin  dan  diletakkan  di  dahi  saja,  dan  juga  diberikan  obat  penurun panas berupa sirup penurun panas yang ada di warung-warung ataupun di apotik baru setelah 3 hari panas tidak turun baru diperiksakan ke dokter

Tujuan. untuk  mengetahui  tingkat  pengetahuan  ibu tentang  perawatan  demam pada anak usia 4-6 tahun di Desa Bakalan Banjarsari Surakarta.

Metodologi   penelitian. Metode   penelitian   menggunakan   diskriptif.   Teknik sampling   yang   digunakan   total   sampling berjumlah   31   ibu.   Instrument pengambilan data dengan kuesioner. Analisis data dengan analisis univariat

Hasil penelitian. karakteristik  responden yaitu umur responden terbanyak pada umur 20 – 35 tahun 19 responden (61,3 %), tingkat pendidikan terbanyak yang ditempuh responden adalah SMA 11 responden (35,5 %) dan pekerjaan yang ditekuni oleh responden terbanyaka dalah swasta 11 responden (35,5 %). Tingkat pengetahuan ibu dalam merawat anak demam di Desa Bakalan ternyata terbanyak pada kategori cukup 19 responden (61,3 %)

Kesimpulan. Gambaran dari tingkat pengetahuan ibu tentang perawatan demam pada anak usia 4-6 tahun masih kebanyakan pada kategori cukup.

 

Kata kunci : Pengetahuan, Perawatan Demam, Anak Usia 4-6 Tahun

Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Sari view : 874 times
PDF - 226 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.